Sudah Kenal Atau Baru Sebatas Menilai…

Ikat Ilmu Dengan Menuliskannya…

Primary Key, Foreign Key, Unique dan Index

Posted by suradigorontalo on 2 April 2009

Dalam Basisdata (database) MySQL dikenal beberapa istilah key dalam pembuatan table, yaitu: primary key, foreign key, unique key dan index. Masing- masing key tersebut ada perbedaan- perbedaan.

Primary key atau Unique key merupakan kunci yang secara unik mengidentifikasi baris pada table. Primary key atau unique key dapat diterapkan pada satu atau lebih field. Apabila primary key atau unique key diterapkan pada satu atau lebih field maka pada field tersebut tidak boleh bernilai sama untuk seluruh baris pada table.

Yang membedakan antara primary key dengan unique key adalah setiap kita memberikan constraint primary key pada field maka constraint NOT NULL akan diberikan pada field tersebut secara otomatis. Sedangkan pada unique key tidak.

Kemudian ada istilah foreign key. Dengan adanya foreign key ini dapat terlihat adanya hubungan antara satu table dengan table yang lain. Foreign key mengidentifikasi satu atau lebih kolom pada satu table ( istilahnya table referensi ) mengarah dari satu atau lebih table lainnya ( table induk, red ). Dengan adanya constraint foreign key pada satu kolom maka data pada kolom table refernsi harus terdapat pada table induk. Pada versi MySQL 5.0, foreign key hanya dapat diterapkan pada table dengan tipe InnoDB namun pada versi selanjutnya dapat diterapkan juga pada MyISAM. Kemudian field dengan tipe BLOB atau TEXT tidak dapat diberikan constraint foreign key.

Untuk optimalisasi database kita dapat menggunakan Index. Index mampu meningkatkan kecepatan operasi pada suatu table (terutama operasi SELECT). Pada MySQL, Index dan data dari suatu table tersimpan secara terpisah. Dengan kata lain membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih banyak. Kesalahan pemberian Index pada suatu kolom dapat memperlambat operasi pada suatu table karena index dibaca terlebih dahulu untuk mendapatkan data.

Gunakan foreign key pada kolom yang sering digunakan unutk pencarian data.

Referensi:

MySQL Manual Reference

Wikipedia.org

One Response to “Primary Key, Foreign Key, Unique dan Index”

  1. Suradi Bandung Gorontalo

    Buat Lencana Anda

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: